Senin, 20 Mei 2024 WIB

Ferdinand Nainggolan Harap Pemimpin GKPI Punya Kepemimpinan Spiritual dan Manajerial Gereja

Redaksi - Sabtu, 17 April 2021 11:26 WIB
2.033 view
Ferdinand Nainggolan Harap Pemimpin GKPI Punya Kepemimpinan Spiritual dan Manajerial Gereja
Foto Dok/GKPI
Dr Ferdinand Nainggolan
Jakarta (harianSIB.com)

Anggota Majelis Sinode Gereja Kristen Protestan Indonesia (GKPI) Dr Ferdinand Nainggolan berharap pemimpin Sinode GKPI ke depan punya kapabilitas kepemimpinan spiritual (spiritual leader) dan kemampuan manajemen gereja (church manager) dalam ajang Sinode Am Periode (SAP) Ke-22 yang digelar pada 15-18 April 2021 di GKPI Center, Pematang Siantar.

“Kemampuan kepemimpinan spiritual yang mumpuni, itu yang utama dimiliki pemimpin Sinode GKPI kedepan. Meski begitu, karena kita masih tinggal di dunia, maka kepemimpinan spiritual saja tidak cukup. Dibutuhkan juga pemimpin yang punya kapabilitas Church Manager yang bisa mengerti manajemen gereja,” ujar Ferdinand ketika dihubungi via telepon, Jumat (16/4/2021).

Lebih lanjut Ferdinand menjelaskan kepemimpinan spiritual itu tidak banyak bicara. Namun dia melakukan apa yang dia katakan. Juga, dia mesti menjadi contoh atau teladan.

“Kunci kepemimpinan adalah keteladanan. Jadi, seorang pimpinan gereja itu harus bisa menjadi contoh yang membawakan nuansa-nuansa spiritual,” ujar Anggota Jemaat GKPI Pulomas, Jakarta ini.

Terkait kemampuan Church Manager, Ferdinand menjelaskan kepemimpinan di gereja juga membutuhkan orang yang memahami manajerial gereja.

“Saya perhatikan sudah banyak juga pendeta yang bergelar S1, S2 dan S3. Diharapkan mereka ini mempunyai ilmu pengetahuan tentang bagaimana mengelola gereja yang baik,” tutur Perintis berdirinya GKPI di Singapura ini.

Ferdinand juga berharap akan muncul pemimpin gereja yang masih muda, enerjik dan kreatif, untuk maju dalam ajang Sinode Am GKPI.

“Jangan minder karena masih muda. Sebab banyak juga lahir pemimpin yang masih muda. Misalnya, Jokowi ketika jadi presiden pun masih tergolong muda. Tentunya tidak asal muda namun punya kemampuan kepemimpinan spiritual dan manajerial gereja yang mumpuni,” ujar dia.

Selain itu, Ferdinand juga berharap para pemilih di Sinode Am GKPI menjadi pemilih yang cerdas. “Jangan ada keberpihakan,” tandasnya.(*)

Editor
:
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Peran Pemuda Sangat Penting di Kancah Perpolitikan, Muda-mudi Pematangsiantar-Simalungun Siap Berkontribusi
Polsek Siantar Selatan Gelar KYRD Antisipasi Aksi Tawuran, Sejumlah Benda Sajam Disita
Bupati Lira Minta Pemprov Sumut Lanjutkan Pembangunan Jalan Pematangsiantar-Saribudolok
Akan Diresmikan Kapolda, Kapolres dan Walikota Cek Ruang Rehabilitasi Napza RSUD Djasamen Saragih
KPU Pematangsiantar Sosialisasi Peluncuran Tahapan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota 2024
Siswa MAN Pematangsiantar Peragakan Budaya Pernikahan Etnis di Sumut
komentar
beritaTerbaru