Senin, 20 Mei 2024 WIB
Wali Kota Medan Buka Pelatihan Berbasis Kompetensi Kejuruan

Bobby Nasution : Generasi Muda Kota Medan Harus Mampu Kembangkan Talenta

Redaksi - Rabu, 10 November 2021 16:55 WIB
285 view
Bobby Nasution : Generasi Muda Kota Medan Harus Mampu Kembangkan Talenta
(Foto harianSIB.com/Wilfred Manullang)
FOTO BERSAMA : Wali Kota Medan Bobby Nasution foto bersama Kadis Ketenagakerjaan Hanna Lore Simanjuntak (kanan), Pimpinan GMI Wilayah I Bishop Kristi Wilson Sinurat STh MPd (2kanan), Ketua YPGMI Pdt Binran Sipayung (kiri) dan Rektor UM
Medan (SIB)
Wali Kota Medan Bobby Nasution membuka Pelatihan Berbasis Kompetensi Kejuruan berupa Website Design, Content Creator dan Mural di Aula Kampus I Universitas Methodist Indonesia (UMI) Jalan Hang Tuah Medan, Selasa (9/11).

Pembukaan Pelatihan Berbasis Kompetensi Kejuruan yang berlangsung hingga tanggal 25 November 2021 itu ditandai dengan penyematan tanda peserta. Kegiatan ini diharapkan dapat mengembangkan talenta dan kreativitas yang dimiliki para generasi muda sehingga menjadi generasi muda yang terampil dan berdaya saing.

Kegiatan ini dihadiri Kadis Ketenagakerjaan Kota Medan Hanna Lore Simanjuntak, Kadis Perdagangan Damikrot, Pimpinan GMI Wilayah I Bishop Kristi Wilson Sinurat STh MPd, Ketua YPGMI Pdt Binran Sipayung, Rektor UMI Drs Humuntal Rumapea MKom.

Bobby Nasution mengatakan sebagai kaum millenial, generasi muda Kota Medan harus mampu mengembangkan talenta yang dimiliki. Dengan demikian, kemampuan dan skill yang ada dapat menciptakan dan melahirkan kreatifitas serta karya yang mampu menginspirasi sekaligus memberikan manfaat bagi masyarakat, terutama Kota Medan.

“Kembangkan talenta yang dimiliki. Selain itu, bangun kolaborasi dengan rekan-rekan lainnya sehingga kreatifitas yang dihasilkan lebih besar lagi dan akan bermanfaat untuk diri sendiri maupun Kota Medan," ujarnya seperti dilansir dari harianSIB.com.

Dua dari tiga jenis pelatihan yang diberikan yakni website design dan content creator, menurut wali kota sangat berkaitan erat dengan digitalisasi. Hal utama adalah website design, sebab nantinya ke depan pembangunan kota akan berbasis digital.

“Website design ini akan sangat dibutuhkan terutama bagi instansi dan lembaga, sebagai halaman depan bagaimana mereka menggambarkan wajah instansi tersebut. Selain itu, mendukung dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat lewat inovasi layanan yang dihadirkan,” jelas Bobby Nasution.

Ditambahkannya di era digital saat ini, banyak ide yang bisa dituangkan. Tidak selalu harus mengikuti arus. “Content creator ini bahkan bisa menggiring dan membentuk opini kita pada sesuatu. Namun, ide tersebut haruslah bernilai positif,” jelasnya.

Bobby Nasution berharap, bagi yang ingin mendalami mural nantinya keahlian yang dimiliki dapat membantu Pemko Medan dalam menggeliatkan dan mengangkat kembali nilai seni dan budaya Kota Medan yang harus dilestarikan.

“Bangun kolaborasi, kita angkat kebudayaan Kota Medan. Saya harapkan, para peserta yang mengikuti pelatihan dapat menyerap ilmu yang diberikan oleh para pengajar sehingga jadi generasi muda yang terampil dan berdaya saing," sebutnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketenagakerjaan Hanna Lore Simanjuntak menjelaskan bahwa pelatihan berbasis kompetensi kejuruan ini digelar untuk menciptakan calon tenaga kerja maupun wirausaha mandiri yang berkompeten dan mampu berdaya saing dalam menghadapi era industri 4.0. Peserta pelatihan ini terdiri dari tamatan SLTA, D3 dan S1 yang berdomisili di kota Medan dan merupakan para pencari kerja di Dinas Ketenagakerjaan.

Pimpinan GMI Wilayah I Bishop Kristi Wilson Sinurat menyambut baik pelaksanaan pelatihan digelar di UMI. Ini membuktikan bahwa Pemko Medan mempercayai sarana dan prasai yang dimiliki UMI. "Saya berharap kerja sama ini berkelanjutan, bukan hanya di bidang tenaga kerja tapi juga bidang-bidang lainnya. Kita mendorong UMI dan yayasan untuk mewujudkannya," jelas bishop.

Rektor UMI Drs Humuntal Rumapea menjelaskan ini merupakan pertama kali pihak kampus bekerja sama dengan dinas ketenagakerjaan Kota Medan. "Semoga melalui pelatihan ini mampu menjawab tantangan di dunia kerja terutama di masa pandemi Covid-19," jelasnya. (SS4/f)

Sumber
: Koran SIB
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Bobby Nasution Terkejut, Pamannya Ambil Formulir Cawalkot Medan dari PDIP
Kapolres Batubara Berikan Bantuan Kursi Roda kepada Nenek Jumini
Topan Ginting Dilantik Jadi Penjabat Sekda Medan
Anggota DPRD SU Desak BBPJN Segera Mitigasi Titik Rawan Longsor di Tikungan Tirtanadi Sibolangit
Taput Diguncang Gempa M 3,5
Gibran Tegaskan Makan Siang Gratis Masuk Program 100 Hari Kerja
komentar
beritaTerbaru