12.872 KPM di Pematangsiantar Terima BNPT


224 view
12.872 KPM di Pematangsiantar Terima BNPT
Foto:yetty/mistar
Salah satu penerima bansos pangan di Siantar. 
Pematangsiantar (SIB)
Sebanyak 12.872 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kota Pematangsiantar menerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dari Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia (RI) tahun 2021.

"Sebanyak 12.872 KPM di Kota Pematangsiantar, menerima BPNT melalui 64 E-Warung Brilink yang ada. Penyaluran dilakukan sejak 18 Januari 2021 dan dimonitoring oleh Dinas Sosial P3A Pematangsiantar, Korda Bansos pangan, pendamping kecamatan dan pihak kelurahan. Dijadwalkan, penyaluran akan selesai selama 3 hari ke depan," kata Kabid Sosial Dinas Sosial P3A Pemko Pematangsiantar, Drs Risbon Sinaga via WhatsApp, Selasa (19/1).

Risbon menjelaskan, bantuan Sembako yang diterima oleh KPM ada 4 jenis komoditi, yakni, unsur karbohidrat, unsur protein nabati, protein hewani dan unsur vitamin atau buah-buahan.

Lebih lanjut disampaikan Risbon, jumlah keluarga penerima manfaat telah berkurang 2.364 dalam penyaluran kali ini, hal itu berdasarkan penetapan Kementerian Sosial Republik Indonesia. Saat ini pihak kelurahan juga sedang melakukan pemutakhiran data KPM sesuai surat Kemensos RI.

"Diharapkan periode berikutnya tidak ada lagi data yang tidak valid, agar seluruh KPM, tidak ada lagi yang saldonya nol. Perlu kami sampaikan bahwa, dana langsung masuk ke rekening KPM. Bersumber dari APBN (Kemensos) dan tidak bisa dicairkan dengan uang tunai, dan dibelanjakan sesuai kriteria di atas (4 komponen), tidak bisa di luar itu, sesuai dengan pedoman umum (Pedum)," tandasnya.

Tak lupa, Risbon tetap mengingatkan seluruh pemilik E-Warung agar melayani KPM dengan pelayanan prima dan mewajibkan KPM mematuhi protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. (S11/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com