Antisipasi PMK, Pemkab Labusel Lakukan Penyekatan Keluar Masuk Hewan Ternak


235 view
Antisipasi PMK, Pemkab Labusel Lakukan Penyekatan Keluar Masuk Hewan Ternak
ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho/foc.
Dokter hewan memeriksa kesehatan hewan sapi di tempat peternakan, Desa Besito, Gebog, Kudus, Jawa Tengah, Kamis (12/5/2022). Ilustrasi

Kotapinang (harianSIB.com)

Mengantisipasi mewabahnya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) sapi di Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Labusel), Pemkab melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian melakukan penyekatan keluar masuk hewan ternak di sejumlah lokasi.


Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Labusel, Azaman yang dikonfirmasi, Rabu (1/6/2022), mengatakan, penyekatan sudah dilakukan selama sepekan terakhir.


Dikatakannya, pos penyekatan dibangun di dua titik perbatasan Kabupaten Labusel, yakni Jalinsum Torgamba, Desa Torgamba yang berbatasan dengan Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Riau dan Jalinsum Laggapayung, Kecamatan Sungaikanan, yang berbatasan dengan Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta).


"Karena keterbatasan personel, pos hanya kita bangun dua. Dalam sepekan, empat hari dilakukan penyekatan," katanya.


Dijelaskannya, pos penyekatan berfungsi untuk memantau kondisi kesehatan hewan yang masuk atau keluar dari Kabupaten Labusel, atau yang sekadar melintas.

Penulis
: Rudi Afandi Simbolon
Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com