Bupati Nisut Amizaro Waruwu Diingatkan Tempatkan ASN Sesuai Kemampuannya


769 view
Bupati Nisut Amizaro Waruwu Diingatkan Tempatkan ASN Sesuai Kemampuannya
Foto ist
Asaaro Lase, tokoh masyarakat
Nias Utara (harianSIB.com)
Terkait perombakan jabatan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan pemerintahan Kabupaten Nias Utara (Nisut) yang isunya dilaksanakan dalam waktu dekat seperti berita SIB sebelumnya, Bupati Nisut Amizaro Waruwu diingatkan agar tidak tersandera kepentingan politik.

Peringatan itu disampaikan Asaaro Lase, tokoh masyarakat setempat kepada wartawan, Minggu (17/10/2021) pasca keresahan ASN karena disebut-sebut pendukung saat Pilkada lebih berpeluang mendapat jabatan.

Dikatakan, perombakan ASN yang meliputi jabatan eselon II dan III di di lingkup Pemkab Nisut, memang sudah sewajarnya dilakukan mengingat hampir dua tahun belum ada penyegaran, sehingga ASN yang tidak produktif dapat diganti.

Meski demikian, untuk menghasilkan ASN yang berkualitas, bupati juga diharapkan, agar dalam penempatan jabatan disesuaikan dengan SDM atau kemampuan ASN tersebut.

"Penempatan jabatan ASN jangan karena faktor like or dislike (suka atau tidak suka) ," tegasnya.

Karena menurut mantan anggota DPRD Nisut itu, di era gerak cepat Jokowi, penyerapan anggaran dan perencanaan termasuk pelaksanaan kegiatan, sangat sensitif. Demikian juga ASN, ujarnya, tidak hanya dituntut memiliki intergritas, tetapi profesional serta mampu menunjukan hasil kinerja yang terukur dan akuntabel. Sehingga ini bisa menjadi bahan pertimbangan kepada bupati.

"Memang konspirasi bisa saja terjadi, apalagi kepala daerah punya mitra kerja dengan beberapa partai politik, demikian sebaliknya orang politik juga punya sanak keluarga ASN, maka bisa saja kedekatan yang jadi utama," sebutnya.

Oleh karenanya, tegasnya, sebagai masyarakat ia mengimbau agar tim dan partai pengusung tidak mengusulkan ke bupati ASN yang tidak berbobot. (*).

Penulis
: Fabooni Zaita
Editor
: Robert /Eva R Pelawi
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com