Disdukcapil Humbahas Buka Kantor Pelayanan di Pakkat


302 view
Disdukcapil Humbahas Buka Kantor Pelayanan di Pakkat
Foto: Dok/Disdukcapil
DIBUKA: Pengumuman telah dibuka kantor pelayanan Adminduk di Kecamatan Pakkat, Jumat (12/1). 

Humbahas (SIB)

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Humbanghasundutan (Humbahas) membuka kantor pelayanan di Kecamatan Pakkat untuk mendekatkan dan mempermudah pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) bagi masyarakat.

Kadis Dukcapil Humbahas Jara Trisepto Lumbantoruan SPd MM kepada wartawan, Jumat (12/1) mengatakan, pembukaan kantor pelayanan itu menindaklanjut hasil Forum Konsultasi Publik (FKP) yang diselenggarakan Disdukcapil Kabupaten Humbahas tanggal 15 Desember 2023 lalu.

Menurutnya, tema FKP itu adalah "Mewujudkan Peranan Masyarakat dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan dan Pemanfaatan Data Adminduk untuk Sektor Publik di Kabupaten Humbahas Tahun 2024”. Peserta forum merekomendasikan untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat dengan membuka pelayanan di kecamatan.

“Gerak cepat dalam pelayanan Adminduk menjadi prioritas untuk membangun kualitas data yg terupdate sehingga dapat digunakan untuk perencanaan pembangunan, pembangunan demokrasi serta pelayanan publik,” jelas Jara Lumbantoruan.

Menurutnya, dengan dibukanya kantor pelayanan Adminduk di Kecamatan Pakkat diharapkan peranan masyarakat lebih baik sehingga capaian kinerja Disdukcapil dapat ditingkatkan karena 24 dokumen telah dilayani.

Berdasarkan Data Konsilidasi Bersih (DKB) semester II tahun 2023 jumlah penduduk Kecamatan Pakkat sebanyak 24.495 jiwa (laki-laki, 12.031 dan perempuan, 12.459 jiwa) yang tersebar di 22 desa dan 88 dusun, tutup Jara Trisepto. (**)

Penulis
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com