Hingga Triwulan Tahun 2022, Sumut Belum UHC


124 view
Hingga Triwulan Tahun 2022, Sumut Belum UHC
Net/harianSIB.com
Universal Health Coverage (UHC).

Medan (harianSIB.com)

Provinsi Sumatera Utara (Sumut) hingga saat ini belum Universal Health Coverage (UHC) hingga triwulan tahun 2022. Sedangkan sejumlah provinsi lainnya di Indonesia telah mencapai cakupan kesehatan semesta (UHC).


Deputi Direksi Wilayah Sumut dan Aceh BPJS Kesehatan, dr Mariamah mengatakan saat ini (hingga 31 Maret 2022) jumlah peserta Program JKN-KIS di wilayah Sumut sebanyak 12.156.180 jiwa. Jumlah tersebut 79,75 persen dari total penduduk Sumut 15.242.297 jiwa.


"Sumut saat ini capaiannya (UHC) sudah 79,75 persen," katanya, Kamis (19/5/2022).


Ia menyebutkan, Sumut ditargetkan dapat segera mencapai UHC. "Pada tahun 2026 ditargetkan untuk cakupan semesta atau UHC yaitu 98 persen," sebutnya.


Menurutnya, pihaknya terus berupaya untuk meningkatkan cakupan seluruh segmen kepesertaan, termasuk peningkatan akses kanal pendaftaran berbasis digital baik bagi badan usaha, pemerintah daerah maupun sektor informal.


Di samping itu, juga bersinergi dengan pemerintah daerah untuk mendorong terwujudnya UHC. "Untuk mencapai UHC butuh dukungan dari pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten/kota," ujarnya.


Ia menambahkan, pihaknya juga berkolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan dan elemen masyarakat untuk berkontribusi dalam pendaftaran peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) secara kolektif. Atau, berpartisipasi dalam program inovasi pendanaan masyarakat Peduli JKN.


"Berbagai macam inovasi telah dibuat pihaknya untuk memudahkan layanan bagi peserta JKN-KIS. Diantaranya dengan menyediakan kanal-kanal layanan administrasi tanpa tatap muka, seperti Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (Pandawa), Voice Interactive JKN (VIKA), Chat Assistant JKN (CHIKA), BPJS Kesehatan Care Center 165, hingga aplikasi Mobile JKN yang dapat diunduh langsung melalui smartphone masing-masing peserta," imbuhnya. (*)

Penulis
: Leo Bukit
Editor
: Robert/Eva
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com