KPK Harapkan Kepala Daerah Hindari dan Hentikan Suap, Pemerasan dan Gratifikasi


248 view
KPK Harapkan Kepala Daerah Hindari dan Hentikan Suap, Pemerasan dan Gratifikasi
Foto: SIB/Meily Saragih
SAMPAIKAN MATERI: Kepala Perwakilan Bank Indonesia Pematangsiantar Teuku Munandar (tengah) bersama Spesialis Koordinasi dan Supervisi Madya KPK Mohammad Jhanattan dan Analis Kebijakan Ahli Madya Direktorat Pendapatan Daerah Kementerian Dalam Negeri RI An An Andri Hikmat ,sebagai pembicara dalam kegiatan High Level Marketing Tim Pengendalian Inflasi Daerah, Rabu (22/6) di Niagara Hotel Parapat, Kabupaten Simalungun. 

Parapat (SIB)

Spesialis Koordinasi dan Supervisi Madya Komisi Pemberatasan Korupsi (KPK) Mohammad Jhanattan mengharapkan kepala daerah untuk menghindari dan menghentikan tindakan penyuapan, pemerasan dan gratiifikasi, agar penyelenggaraan pemerintahan daerah dapat berjalan dengan bersih dan baik. Dari ketiga tindakan transaksional tersebut, kasus penyuapan masih tertinggi dan dilakukan secara terbuka.


Hal tersebut diungkapkannya, pada kegiatan High Level Marketing Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kantor Perwakilan Bank Indonesia Pematangsiantar, dengan delapan kepala daerah di wilayah kerja BI Pematangsiantar, seperti Kota Pematangsiantar, Kabupaten Simalungun, Batubara, Tanjungbalai, Asahan, Labuhanbatu Selatan, Labuhanbatu Utara dan Labuhanbatu, Rabu (22/6) di Niagara Hotel, Parapat Kabupaten Simalungun.


Ada sebanyak 370 orang yang sudah ditangani perkara di KPK, melalui kejahatanan tindak pidana korupsi dari tahun 2004-pada bulan Maret 2022 dan tertinggi masih dipegang oleh para pengusaha swasta/bidang swasta, karena terkait dengan kasus penyuapan, pemerasan dan grativitasi. Kemudian disusul oleh legislatif, dalam hal ini anggota DPR, DPRD menduduki peringkat kedua dan pejabat eselon I dan II diperingkat ketiga. Sementara itu, untuk kepala daerah (kabupaten dan kota) ada sebanyak 154 orang dan gubernur sebanyak 22 orang.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: KORAN SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com