Jumat, 17 Mei 2024 WIB

Ephorus HKBP Serukan Semua Pihak Cegah Bencana Alam di Simangulampe Humbahas

Redaksi - Senin, 04 Desember 2023 19:56 WIB
245 view
Ephorus HKBP Serukan Semua Pihak Cegah Bencana Alam di Simangulampe Humbahas
(Foto Dok/Jhonathan)
HUTAN GUNDUL: Terlihat hutan gundul di perbukitan Desa Simangulampe, Kecamatan Bakti Raja,  Kabupaten Humbahas sesuai hasil potret drone dari atas bukit yang diterima Ompu i Ephorus HKBP, Pdt Dr Robinson Butarbutar dari ahli geologi, Ir
Tapanuli Utara (SIB)
Ephorus Huria Kristen Batak Protestan (HKBP), Pdt Dr Robinson Butarbutar menyerukan agar semua pihak melakukan upaya pencegahan agar bencana alam longsor atau banjir bandang seperti yang menerjang Desa Simangulampe, Kecamatan Bakti Raja Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), tidak terulang.
"Ompu i Ephorus menggarisbawahi tidak ada jalan lain mencegah hal yang sama terulang, selain semua pihak berusaha memastikan bahwa penggundulan hutan dicegah dan sebaliknya reboisasi masif dan konstan harus dilakukan secara bersama," ucap Kepala Biro informasi HKBP, Pdt Fortunate Siagian saat dimintai tanggapannya terkait banjir bandang di Humbahas, Minggu, (3/12).
Menurutnya, ada tujuh kabupaten di sekitar Danau Toba yang harus secepatnya melakukan reboisasi yakni Kabupaten Humbahas, Tapanuli Utara (Taput), Dairi, Karo, Samosir, Simalungun dan Toba.
Dikatakan, proses banjir bandang di Desa Simangulampe, sesuai gambar-gambar hasil potret drone dari atas bukit yang diterima Ompu i Ephorus dari ahli geologi, Ir Jonathan Tarigan pada 1 Desember pukul 22.00 WIB terlihat dari kaca mata drone dan akar-akar kayu yang rusak akibat penggundulan hutan. Bahkan katanya, tidak lagi tersedia untuk mengikat massa batu di bukit-bukit di atas desa pada saat curah hujan yang besar hadir.
"Ini berseberangan dengan dugaan awal oleh beberapa pihak yang menyebut bahwa bencana disebabkan muntahan lahar dingin atau liquifaksi tanahlah penyebabnya," jelasnya seraya menyebut, Ompu i Ephorus juga mengatakan terimakasih kepada Jhonathan dalam pembagian ilmu dan temuan.
Dijelaskan, sudah sekitar 30 tahun lebih hutan dirambah tanpa reboisasi tumbuhan beragam dan berakar kuat serta serabut oleh pihak-pihak yang tidak peduli akan nasib sesama, termasuk sesama ciptaan.
"Oleh karenanya, mari kita cegah hati yang pilu, tangis yang terhapuskan dari sesama kita di depan dengan cara semua harus bertindak, rakyat maupun para pengusaha kayu serta pemerintah pusat dan daerah," ujarnya.
Karena usaha menjadikan kawasan Danau Toba lanjutnya, menjadi pusat para wisata super prioritas akan gagal jika hal itu tidak dilakukan.
Dia juga mengajak, agar seluruh jemaat menghibur para keluarga korban yang kehilangan nyawa dan para keluarga yang rumahnya rusak parah lewat bantuan kemanusiaan seperti yang sudah HKBP mulai dengan mendukung gereja setempat, dengan cara mengirimkan partisipasi bantuan ke Bank Rakyat Indonesia (BRI) atas nama, HKBP Sinambela Simanullang dengan nomor rekening 538901010962530.
"Pagi hari ini (Minggu) saya menulisi jemaat HKBP di setiap tempat untuk memohon mengadakan bantuan spontan solidaritas kemanusiaan, karena yang dianggarkan tahun ini untuk bantuan emergency sudah sebagian terpakai dan sentralisasi keuangan belum cukup kuat untuk menopang ke emergency solidarity (solidaritas darurat)," pungkasnya. (**)


SHARE:
Tags
beritaTerkait
Jelang Sinode Godang, Ini Pesan Ephorus HKBP untuk Panitia SG ke - 67
Ephorus HKBP Hadiri Pembentukan Kelompok Pendoa Para Misionaris Dalam dan Luar Negeri
Ephorus Hadiri Wisuda 52 Lulusan STB HKBP Prodi Misiologi
Ephorus HKBP Prihatin atas Peristiwa Terbakarnya Pasar Tradisional Tarutung
Ephorus HKBP Ajak Jemaat Wujudkan Hidup Saling Mengasihi
Jumat Agung, Ephorus HKBP Ajak Jemaat Wujudkan Hidup Saling Mengasihi
komentar
beritaTerbaru