Sabtu, 20 Juli 2024

Pj Wali Kota Tebingtinggi Ajak Masyarakat Atualisasikan Nilai-nilai Pancasila di Setiap Aspek Kehidupan

Humala Siagian - Sabtu, 01 Juni 2024 13:45 WIB
337 view
Pj Wali Kota Tebingtinggi Ajak Masyarakat Atualisasikan Nilai-nilai Pancasila di Setiap Aspek Kehidupan
Foto: Dok/Kominfo
FOTO BERSAMA: Pj Wali Kota Tebingtinggi Moettaqien Hasrimi dan Ketua DPRD Tebingtinggi Basyaruddin Nasution bersama Forkopimda foto bersama usai upacara peringatan Hari Lahir Pancasila, Sabtu (1/6/2024).
Tebingtinggi (harianSIB.com)
Penjabat (Pj) Wali Kota Tebingtinggi Moettaqien Hasrimi meminta seluruh lapisan masyarakat Tebingtinggi agar mengaplikasikan dan mengaktulisasikan nilai-nilai Pancasila dalam semua aspek kehidupan.

"Hari ini kita peringati Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024. Hendaknya nilai-nilai Pancasila dapat kita aplikasikan dan aktualisasikan dalam semua aspek kehidupan. Tantangan global sangat luar biasa dan mudah-mudahan ini berjalan di seluruh lapisan masyarakat," ujar Moettaqien Hasrimi, usai menjadi inspektur upacara pada peringatan Hari Lahir Pancasila, di Lapangan Merdeka, Jalan Dr. Sutomo, Sabtu (01/06/2024).

Moettaqien juga meminta masyarakat Tebingtinggi khususnya generasi muda/milenial, atau saat ini dengan sebutan Gen Z, dapat menghadapi tantangan ke depan, dengan sungguh percaya diri.

Baca Juga:

Sebelumnya, dalam upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2024 ini, Pj. Wali Kota membacakan teks Pancasila dan sambutan tertulis dari Kepala BPIP (Badan Pembinaan Ideologi Pancasila) Yudian Wahyudi. Sedangkan Ketua DPRD Basyaruddin Nasution membacakan teks UUD 1945.

Dalam pidatonya dibacakan Pj. Wali Kota, Yudian Wahyudi mengajak bangsa Indonesia untuk bersyukur karena mempunyai Pancasila sebagai bintang pemandu dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Baca Juga:

"Kita syukuri sebagai sebuah bangsa yang majemuk, Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara," katanya.

Keberadaan Pancasila, lanjutnya, merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong.

"Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional "Bhinneka Tunggal Ika," katanya.


Sedangkan sebagai leitstar dinamis, katanya, Pancasila merupakan bintang penuntun yang membawa Indonesia pada gerbang kemajuan dan kemakmuran di era globalisasi teknologi dan informasi sekarang ini.

"Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia. Semoga Allah Subhanahu wa Ta'ala Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan perlindungan dan petunjuk kepada kita semua untuk kejayaan bangsa dan negara Indonesia," katanya.

Usai upacara, acara dilanjutkan dengan penampilan tarian multi etnis dari sanggar seni Abang Kakak binaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tebingtinggi. Tarian ini menggambarkan masing-masing pulau yang ada di Indonesia.

Uniknya dalam peringatan Hari Lahir Pancasila ini, Pj. Wali Kota bersama undangan lainnya mengenakan pakaian adat dari berbagai etnis/ budaya. Pj. Wali Kota sendiri mengenakan pakaian adat Melayu. (**)

Editor
: Donna Hutagalung
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Ultimatum Wali Kota Medan Terhadap Mal Centre Point, Hingga H+3 Tidak Ada Pengosongan
Kejari Pematangsiantar Gelar Donor Darah
Pj Gubernur Agus Fatoni Apresiasi Keberhasilan Polda Sumut Raih Penghargaan Kompolnas Awards 2024
Rapat Bersama Menko PMK, Pj Gubernur Sumut Agus Fatoni Jamin Persiapan PON Sesuai Jadwal
Ketua YPGMI Pdt Binran Sipayung : Jangan Ada Pembiaran Kesalahan
Pasca Rekonstruksi, Polisi Belum Juga Beberkan Motif Pembunuhan Rico Sempurna Pasaribu
komentar
beritaTerbaru