Sempat Diretas, Akun Instagram Mahfud Md Sudah Pulih

* Ganjar Soroti Keamanan Siber

197 view
Sempat Diretas, Akun Instagram Mahfud Md Sudah Pulih
Foto: Dok. Kemenko Polhukam
Mahfud Md. 

Jakarta (SIB)

Instagram cawapres nomor urut 3 sekaligus Menko Polhukam Mahfud Md sempat diretas. Kini akun Instagram Mahfud sudah pulih kembali.

"Sudah, account secured," kata Staf Khusus Menko Polhukam bidang Media dan Komunikasi Rizal Mustary kepada wartawan, Selasa (16/1).

Rizal menuturkan Instagram Mahfud sudah berhasil ditangani lagi. Akun sudah pulih per pukul 18.00 WIB.

"Sudah kita handle lagi," ujarnya.

Rizal sebelumnya mengatakan Instagram Mahfud diretas sejak kemarin pagi.

"Saat ini status akun Instagram pribadi Bapak Mahfud Md (www.instagram.com/mohmahfudmd) diretas oleh pihak lain di luar tim pengelola. Situasi ini terjadi sejak pagi hari Selasa tanggal 16 Januari 2024,' kata Rizal.

Rizal menuturkan pemulihan kembali akun Instagram Mahfud tengah dilakukan. Dia menyampaikan segala bentuk postingan maupun direct message dari akun tersebut bukan berasal dari Mahfud.

"Dan upaya pemulihan sedang dilakukan. Segala post dan direct message dari akun tersebut sejak pagi hari ini bukanlah dari Bapak Mahfud Md," ujarnya.

Dilihat, Instagtam Mahfud memposting video orang berseragam tengah bermain bola di atas kapal. Dalam unggahan itu ada tulisan berbahasa Ibrani. Jika di-translate ke bahasa Inggris muncul kalimat 'god is above me, who can control me?'.

Bukti Potensial Menang

Menyikapi peretasan itu, Jubir TPN Ganjar-Mahfud, Achmad Baidowi atau Awiek, menilai dugaan peretasan terhadap akun Mahfud justru menunjukkan potensi Mahfud akan memenangkan pilpres.

Terbaru, akun Mahfud tersebut mengunggah sebuah video berdurasi 12 detik. Video itu menampilkan orang asing menyundulkan sebuah bola secara bergantian. Dalam keterangan unggahan itu termuat kalimat dalam bahasa Ibrani.

"Iya diretas dan sudah ditangani. Itu menunjukkan bahwa Pak Mahfud itu potensial menang sehingga di IG-nya beliau diretas oleh orang-orang tidak bertanggungjawab," kata Awiek.

Wakil Direktur Eksekutif Konten dan Media Sosial TPN Ganjar-Mahfud, Eko Kuntadhi, mengatakan akun Mahfud saat ini sedang ditangani.

"Iya, akunnya diretas. Sekarang sedang proses recovery," kata Eko kepada wartawan.

Eko berharap dugaan peretasan akun tersebut tidak ada hubungannya dengan kompetisi pilpres.

"Kita berharap peretasan ini tidak ada hubungannya dengan pilpres. Meski, kami juga nggak menutup mata untuk menelusuri segala kemungkinan," ujar Eko.

Soroti Keamanan Siber

Sementara itu, capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo kaget mendapat kabar instagram milik Mahfud Md diretas. Ganjar berharap semoga peretasan ini dapat segera bisa diatasi oleh badan siber maupun Kementerian Komunikasi dan Informatika.

"Diretas? Oke mudah-mudahan dari badan siber dan Kementerian Kominfo bisa membantu," kata Ganjar saat kunjungan di Desa Reban, Kecamatan Reban, Batang, Jawa Tengah.

Selain itu, Ganjar pun akan meminta internal tim pemenangan nasional (TPN) Ganjar-Mahfud untuk turut mengatasi peretasan ini. Ganjar menilai kejadian ini menggambarkan situasi keamanan siber yang masih perlu perbaikan.

"Tapi kelihatannya, nanti saya cek, tim saya akan bekerja nanti, kami akan bisa membereskan sendiri soal ini," ujar Ganjar.

"Maka security system kita, keamanan siber kita, rasanya memang perlu mendapatkan perhatian. Ya kalau sudah seperti Pak Mahfud saja bisa diretas, jangan-jangan yang lain juga mudah, maka ini PR penting," pungkasnya.(detikcom/d)

Penulis
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com