RS Murni Teguh Terima Sertifikat Penyelenggara Wisata Medis dari Kemenkes RI


359 view
RS Murni Teguh Terima Sertifikat Penyelenggara Wisata Medis dari Kemenkes RI
(Foto: harianSIB.com/Leo Bukit)
FOTO BERSAMA: Direktur Pelayanan Kesehatan Rujukan Kemenkes RI dr Siti Khalimah foto bersama dengan lainnya usai menyerahkan sertifikat penyelenggara wisata medis terhadap enam RS di Medan, Senin (15/8/2022). 

Sementara itu, Kadis Pariwisata Medan Agus Suriono mengungkapkan sekitar 300 ribu penduduk Sumut berobat ke luar negeri dan masing-masing menghabiskan Rp50 juta perorang.

"Jika dikalikan 300 ribu maka sekitar Rp15 triliun uang yang dibawa ke luar negeri untuk berobat," sebutnya.

Dalam kesempatan itu juga, Ketua Medan Medical Tourism (MMT) Board Destanul Aulia menyampaikan Kota Medan punya spirit kolaborasi untuk memajukan wisata medis.

"Semua sangat responsif, dan kita harapkan itu juga dilakukan ke pasien, insyaallah pasien yang berobat ke luar negeri itu kembali ke kita," katanya.

Ia menyampaikan beberapa program MMT-Board, di antaranya mendesain sistem rujukan wisata medis bagi rumah sakit penyelenggara wisata, mendekatkan produk unggulan RS wisata medis dengan tujuan wisata di Sumut.

Kemudian, penguatan tim wisata medis di RS penyelenggara wisata medis, pelatihan bagi guide tour perjalanan wisata untuk menjadi pemandu wisata medis, mendorong lima RS lainnya menjadi RS penyelengara wisata medis, membangun platform media sosial yang interaktif dalam ekosistem wisata medis di Medan. (*)

Penulis
: Leo Bukit
Editor
: Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com