Rob Rendam Ribuan Rumah di Kecamatan Medan Belawan


393 view
Rob Rendam Ribuan Rumah di Kecamatan Medan Belawan
Foto Dok
ROB : Banjir air laut (rob) merendam kawasan Jalan TM Pahlawan, Belawan, Senin dinihari (16/11).

Belawan (SIB)

Ribuan rumah di Kecamatan Medan Belawan sekitarnya, kembali terendam banjir air laut (rob), Senin dinihari (16/11) saat terjadi gelombang pasang.

Kondisi tersebut mengakibatkan, waktu istirahat hampir seluruh warga Belawan terganggu, karena rob tidak hanya merendam jalanan, tetapi memasuki ribuan rumah penduduk.

"Walaupun diperkirakan, rob akan kembali merendam Kecamatan Belawan pada Selasa dini hari nanti, tapi Senin dini hari tadi katanya merupakan puncak rob pada bulan November ini, air laut yang merangsek ke darat sangat tinggi, saya yakin seluruh rumah penduduk dan jalanan terendam air laut," ujar salah seorang warga Belawan, Hendri Rompas kepada wartawan.

Disinyalir, dalam beberapa tahun terakhir rob yang semakin tidak terkendali merendam Kecamatan Medan Belawan sekitarnya, merupakan akibat terjadinya pendangkalan di perairan Belawan karena tingginya tingkat sedimentasi dari Sungai Belawan dan Sungai Deli.

Selain itu, di Kecamatan Medan Belawan sekitarnya banyak lahan warga yang selama ini menjadi tempat resapan air, ditimbun oleh pemiliknya untuk pembangunan rumah, perkantoran maupun tempat usaha, serta adanya jalur hijau yang dimanfaatkan oleh oknum maupun pihak tertentu sebagai tempat tinggal maupun warung.

Kondisi drainase yang diduga tidak terawat di Kecamatan Medan Belawan, juga merupakan salah satu penyebab semakin terganggunya kenyaman warga Belawan ketika fenomena alam yakni pasang surut air laut sedang berlangsung.

"Kami berharap pihak instansi terkait tidak terus menerus tutup mata, kami yakin ada yang harus segera dibenahi, untuk mengembalikan kenyamanan warga Belawan, tanpa adanya gangguan ketika sedang berlangsung pasang surut air laut," ujar Azis warga Belawan, yang baru selesai membersihkan rumahnya setelah terendam air laut pada Senin siang. (M07/f)

Penulis
: Redaksi
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com