Senin, 20 Mei 2024 WIB

Ketua DPRD Desak Pemkab Segera Salurkan Donasi Rp 1,2 Miliar Lebih untuk Korban Bencana di Humbahas

Frans Koberty Simanjuntak - Kamis, 16 Mei 2024 22:10 WIB
1.073 view
Ketua DPRD Desak Pemkab Segera Salurkan Donasi Rp 1,2 Miliar Lebih untuk Korban Bencana di Humbahas
Foto Dok/Dinas Kominfo Humbahas
BERIKAN BANTUAN : Ketua DPRD Humbahas Ramses Lumban Gaol didampingi didampingi wakil rakyat lainnya menyerahkan bantuan kepada korban bencana alam di Desa Simangulampe beberapa waktu lalu.
Humbahas (harianSIB.com)
Ketua DPRD Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) Ramses Lumban Gaol mengaku sangat terkejut mengetahui hasil donasi dari masyarakat untuk para korban banjir bandang dan longsor di Desa Simangulampe, Kecamatan Baktiraja belum disalurkan hingga saat ini.

Dia mengatakan, apabila benar dana donasi itu belum disalurkan, maka sudah sangat patut untuk dipertanyakan dan diselidiki apa penyebab hasil donasi itu belum juga didistribusikan kepada para korban.

"Jujur baru ini kita ketahui kalau donasi untuk korban bencana alam di Desa Simangulampe itu belum disalurkan. Ini sudah tidak masuk akal. Masa bencana alam sudah hampir setengah tahun berlalu, tapi hasil donasinya tak kunjung disalurkan. Ada apa dengan Pemkab Humbang Hasundutan," kata Ramses Lumban Gaol menanggapi pemberitaan harianSIB.com terbitan Kamis (16/5/2024) yang berjudul "Rp 1,2 M Donasi Belum Disalurkan ke Korban Banjir Bandang di Desa Simangulampe".

Baca Juga:

Lebih lanjut dijelaskan, dengan alasan apapun Pemkab Humbahas sebenarnya tidak boleh menahan atau memperlambat penyaluran hasil donasi tersebut. Sebab, kata dia, para korban sangat membutuhkan uang tersebut untuk mengganti atau menambah biaya perbaikan rumah tempat tinggal mereka yang hancur dihantam banjir bandang dan menutupi kebutuhan lainnya.

"Kita meminta sekaligus mendesak Pemkab Humbang Hasundutan untuk segera menyalurkan hasil donasi bencana alam itu. Itu hak para korban. Mereka sangat membutuhkannya saat ini. Jangan lagi ditunda-tunda. Segeralah disalurkan," ucap Ramses sembari mengaku, kalau pihaknya dari lembaga DPRD Humbahas juga turut menyerahkan bantuan kepada para korban melalui rekening Posko Bencana Alam Desa Simangulampe.

Baca Juga:

Ditambahkannya, dalam penyaluran donasi itu, Pemkab Humbahas harus bisa membuat keputusan yang adil buat para korban dan tidak menimbulkan masalah baru.

"Berikan bantuan itu kepada yang berhak menerima. Harus transparan. Jangan sampai terjadi penyelewengan atau penyalahgunaan," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, banjir bandang dan longsor yang meratakan sebagian besar Desa Simangulampe, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Jumat (1/12/2023) waktu lalu masih menyisakan segudang duka bagi para keluarga korban.

Selain menelan belasan korban jiwa, bencana alam yang sangat luar biasa itu juga meluluhlantakkan puluhan rumah masyarakat akibat hantaman lumpur dan bebatuan besar dari atas bukit perkampungan tersebut.


Editor
: Eva Rina Pelawi
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Donasi Rp1,2 Miliar Lebih untuk Korban Banjir Bandang di Humbahas Belum Disalurkan
Dana Solidaritas dari Jerman Kepada Jemaat HKBP Sihotang Korban Banjir Bandang Diserahkan
DPRD Humbahas Sampaikan Rekomendasi atas LKPj Bupati Humbahas 2023
Pelantikan 52 Pejabat Dianggap Langgar UU, Fraksi Hanura DPRD Humbahas Diinstruksikan Gulirkan Hak Angket
Maurip Lumban Gaol, Petani Muda Lolos Jadi Anggota DPRD Humbahas
Petahana, Pasutri Marsono Simamora-Normauli Simarmata Lolos Lagi ke DPRD Humbahas
komentar
beritaTerbaru