Senin, 15 Juli 2024

Hadiri Pembukaan Kejurnas, Ijeck: Sumut Icon Rally di Indonesia

Leo Bastari Bukit - Sabtu, 08 Juni 2024 13:21 WIB
227 view
Hadiri Pembukaan Kejurnas, Ijeck: Sumut Icon Rally di Indonesia
(Foto Dok/Ijeck)
PESERTA: Ketua Dewan Pembina IMI Sumut Dr H Musa Rajekshah menjadi peserta rally di Kejuaraan Sumatera Rally yang berlangsung di Kabupaten Sergai pada tanggal 8-9 Juni 2024.
Sergai (harianSIB.com)
Ketua Dewan Pembina Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sumut Dr H Musa Rajekshah menyebut Sumut menjadi icon kejuaraan rally di Indonesia, karena sejak 1986 telah menjadi tuan rumah dalam kejuaraan rally, yang saat itu bernama Trans Sumatera Rally.

"Kejuaraan rally di Indonesia memang Sumatera Utara ini menjadi iconnya rally, dimulai dari Trans Sumatera Rally tahun 1986 waktu itu Sumatera Utara tuan rumahnya. Saya waktu itu masih SD, pulang sekolah sempat mandangi mobil-mobilnya parkir di Hotel Danau Toba, dalam hati kapan bisa jadi pembalap kayak gitu," kata Ijeck melalui rilis yang diterima wartawan, Sabtu (8/6/2024).

Setelah itu, kejuaraan rally di Sumut terus bergulir hingga puncaknya 1996 menjadi tuan rumah World Rally Championship (WRC).

Baca Juga:

"WRC saat itu Rambung Sialang ini jadi salah satu stage yang dilalui. Saat ini kami menginginkan WRC bisa kembali lagi ke Indonesia. InshaAllah sudah ada kesepakatan dari FIA bersama Ketua Umum IMI Bapak Bamsoet, mudah-mudahan WRC akan terlaksana di 2026," ujarnya.

Sementara itu, Agustus 2024 juga akan ada Kejurnas Putaran II yang dibarengi dengan APRC putaran keempat.

Baca Juga:

"Tapi pelaksanaan rally ini perlu banyak bantuan dari berbagai pihak, khususnya dari segi keamanan karena antusias masyarakat sangat besar, mereka tak sadar tempat menonton itu jadi tempat yang rawan," ungkapnya.

Sedangkan, Ketua IMI Sumut Harun Mustafa Nasution pada kesempatan itu menyampaikan selamat datang kepada seluruh peserta yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Ia juga mengucapkan terima kasih atas bantuan Pemerintah Provinsi Sumut dan Pemkab Sergai.

Sebelumnya, hadir dalam acara pembukaan Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, Kapoksahli Pangdam I/BB Brigjen TNI David Hatigoran Hutagaol, Ketua DPRD Sumut Sutarto, Sekda Sergai Rusmiani Purba, Wakapolres Sergai Kompol DC Aritonang, Danrem 022/Pantai Timur Kolonel Inf Tagor Rio Pasaribu, Dandim 0203/Langkat Letkol Arh FX Ibnu Hardiyanto, Dandim 0204 Deliserdang Letkol Inf Alex Sandri, Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis, Komisaris Lonsum Joefly Bahroeny. (*)

Editor
: Eva Rina Pelawi
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Kejurnas Rally Sumut Putaran I 2024 Ditutup, H Rihans Variza dengan Navigator Fahrezi Fadh Tampil Juara
Sudah Bertemu Bobby, Ijeck Siap Maju Calon Gubernur Sumut
Halal Bihalal Golkar, Ijeck Siap Maju Calon Gubernur Sumut
Ijeck Apresiasi Ramadan Wisata Rally IMI Sumut
Ijeck Minta IMI Sumut Komitmen Ikut Kembangkan Sport Tourism
Grand Final APRC Sukses Dikunjungi Dua Menteri dan Ketua MPR RI
komentar
beritaTerbaru