Pelepah Pohon Sawit Meranggas Akibat Terendam Banjir di Desa Lubuk Kasih Langkat


209 view
Pelepah Pohon Sawit Meranggas Akibat Terendam Banjir di Desa Lubuk Kasih Langkat
Net/harianSIB.com
Ilustrasi Pelepah Pohon Sawit Meranggas.

Brandan Barat (SIB)

Dampak banjir rob, yang bukan saja hanya merendam infrastruktur jalan, pekarangan dan lantai rumah, di kawasan pesisir pantai, namun areal tanaman sawit juga turut terendam.

Di Desa Lubuk Kasih, Kecamatan Brandan Barat, Langkat, luas areal tanaman kelapa sawit yang cukup luas terendam banjir rob.

Akibatnya pelepah-pelapah pohon sawit meranggas, diduga akibat terendam banjir rob berkali-kali, sehingga berpotensi mematikan pohon-pohon kelapa sawit di pinggir Jalinsum Pangkalansusu.

Kini kondisi ratusan pohon kelapa sawit di areal kebun itu meranggas, terancam mati sehingga merugikan pemiliknya, ujar warga Desa Lubuk Kasih, Ardianto (37) kepada SIB, Senin (20/6).

Dari pantauan di lapangan, luas tanaman pohon kelapa sawit yang terancam mati diduga akibat terndam air asin itu mencapai 3 hektare.

Untuk meminimalisir jumlah angka kematian pohon-pohon kelapa sawit itu, dia meminta petugas penyuluhan Dinas Pertanian Langkat atau Provsu segera turun ke lokasi kebun di Desa Lubuk Kasih.

Kehadiran petugas penyuluhan diharapkan dapat memberi solusi yang dapat menolong/memanimalisir angka kematian pohon-pohon kelapa sawit tersebut, ucapnya. (A11/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: KORAN SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com