Selasa, 21 Mei 2024 WIB

Naslindo Sirait Dorong Koperasi Perbanyak Kolaborasi dan Libatkan Generasi Muda

Danres Saragih - Selasa, 30 April 2024 15:15 WIB
399 view
Naslindo Sirait Dorong Koperasi Perbanyak Kolaborasi dan Libatkan Generasi Muda
(Foto: Dok/Diskop Sumut)
SALAMI: Kadiskop Sumut Naslindo Sirait menyalami pengurus Puskopdit Bekatigade Sumut saat RAT, di Parapat, Sabtu (27/4/2024).
Medan (harianSIB.com)


Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Sumatra Utara (Sumut) Naslindo Sirait, membuka Rapat Anggota Tahunan (RAT) Pusat Koperasi Kredit (Puskopdit) Bekatigade Sumut Tahun Buku 2023, di Hotel Niagara, Parapat, Sabtu (27/4/2024).

Siaran pers yang diterima wartawan, Selasa (30/4/2024), disebutkan Naslindo mengimbau para pengurus dan pengawas Puskopdit Bekatigade Sumut serta ketua-ketua Kopdit CU (Credit Union) Primer se-Sumut, agar memperkuat fundamental koperasi, menjangkau generasi muda dalam program-program pengembangan koperasi, serta meningkatkan kerja sama lintas sektor untuk mewujudkan koperasi yang eksis, transformatif dan berkelanjutan.

"Kolaborasi itu hasilnya eksponensial. Dalam berkolaborasi satu ditambah satu hasilnya bukan lagi dua, melainkan bisa menjadi sepuluh, tiga puluh, bahkan seratus. Saya mendorong Puskopdit Bekatigade Sumut untuk membangun kolaborasi sebanyak-banyaknya dengan pemerintah, swasta, antar sesama CU dan juga berbagai pihak yang memiliki visi yang sama," ujarnya.

Naslindo menegaskan, di era revolusi 4.0 seperti sekarang, kolaborasi bukan lagi pilihan, tetapi sudah menjadi keharusan. Itu sejalan dengan ideologi koperasi yang menjunjung nilai-nilai solidaritas, pemberdayaan dan gotong royong. Menurutnya, jika koperasi-koperasi di Sumut semakin banyak berkolaborasi, pertumbuhannya akan luar biasa.

Sementara fenomena rendahnya relevansi koperasi bagi generasi muda juga disorot Naslindo, karena dinilai berpotensi membuat koperasi mengalami involusi (penyusutan) pada beberapa dekade mendatang.

"Di Indonesia hanya 40 persen koperasi yang memiliki hubungan dengan generasi muda. Koperasi harus membuka diri untuk meningkatkan aksesbilitas terhadap generasi muda melalui media sosial, aktif memberikan edukasi dan sosialiasi mengenai koperasi kepada mereka, bahkan melibatkan mereka sebagai pengurus dan kader koperasi," katanya. (**)


Baca Juga:
Editor
: Donna Hutagalung
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Naslindo Sirait Dorong Koperasi di Sumut Perbanyak Kolaborasi dan Libatkan Generasi Muda
Diskop Sumut akan Bubarkan Koperasi yang Tidak Aktif
Naslindo Sirait: Tugas PIKI Membangun Masyarakat Berpengetahuan
Bamagnas Dorong Kapitalisasi Koperasi untuk Maksimalkan Kesempatan Kerja di Sumut
Kadiskop Sumut Hadiri RAT XXX KSP CU Harapan Kita
Kolaborasi Kementerian Koperasi, Pemprov Fasilitasi 1.000 Sertifikat Halal Gratis untuk UMKM
komentar
beritaTerbaru