Darma Wijaya akan Pangkas Anggaran Belanja Pegawai Pemkab Sergai


341 view
Darma Wijaya  akan Pangkas Anggaran Belanja Pegawai Pemkab Sergai
Foto: Dok
Bupati Sergai Darma Wijaya
Sergai (harianSIB.com)
Bupati Serdangbedagai (Sergai) Darma Wijaya akan memangkas setiap anggaran belanja pegawai yang tidak begitu penting untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pembangunan di Sergai.

Hal itu dikatakan Darma Wijaya kepada jurnalis Koran SIB Bonny Sembiring, Rabu (2/6/2021), usai memimpin rapat internal bersama sejumlah Kepala OPD, di aula Sultan Serdang Kompleks Kantor Bupati di Seirampah.

Darma Wijaya mengatakan, pemangkasan anggaran itu dilakukan berdasarkan arahan Presiden RI Joko Widodo kepada seluruh kepala daerah yang telah dilantik hasil Pilkada 2020.

Menurutnya, APBD yang dimiliki Pemkab Sergai saat ini untuk ke depannya jangan sampai lebih besar belanja pegawai ketimbang belanja pembangunan dan modal. Pasalnya, belanja pembangunan dinilai lebih menyentuh dan terasa di masyarakat, sehingga perubahan di bidang infrastruktur mampu segera terwujud di Serdangbedagai.

"Belanja modal, harus diusahakan lebih besar daripada belanja aparatur/pegawai," katanya.

Darma Wijaya menambahkan, jika sudah ada pembagian antara belanja pembangunan, modal dan pegawai, maka Pemkab harus memiliki fokus anggaran. Sehingga, anggaran yang digelontorkan dan dipakai untuk dinas-dinas dapat digunakan tepat sasaran.

"Dengan adanya fokus dan skala prioritas yang jelas, maka anggaran juga akan lebih terkonsentrasi. Misalnya, tidak masalah jika hanya memiliki 3 kegiatan besar yang anggarannya dikonsentrasikan ke situ, tapi hasilnya bisa dilihat dan dirasakan masyarakat Sergai," katanya. (*)

Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com