Selasa, 21 Mei 2024 WIB

Polisi Cek Kandungan Alkohol ‘Wine Halal’ Nabidz ke Puslabfor

Redaksi - Rabu, 13 September 2023 10:47 WIB
271 view
Polisi Cek Kandungan Alkohol ‘Wine Halal’ Nabidz ke Puslabfor
Foto: Freepik
Ilustrasi
Jakarta (SIB)
Kasus pelaporan produk red wine dengan merek Nabidz, yang diviralkan sebagai 'Wine Halal', masih diusut Polda Metro Jaya. Polisi menyebut akan meneliti kandungan alkohol dalam wine tersebut.

"Kita ajukan ke pusat laboratorium forensik Polri untuk mengidentifikasi pemeriksaan secara laboratoris terkait dengan kandungan alkohol yang terdapat dalam minuman tersebut," kata Dirkrimsus Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak kepada wartawan, Selasa (12/9).

Ade Safri mengatakan, hingga kini pihaknya masih menunggu hasil identifikasi puslabfor terkait kandungan wine tersebut.

"Kita masih menunggu hasil pemeriksaan secara laboratoris dari Puslabfor Polri," ujarnya.

Pihak kepolisian, lanjut Ade Safri, juga melibatkan ahli dalam pengusutan perkara yang ada. Rencananya, pekan ini pihaknya akan melakukan klarifikasi terhadap MUI terkait sertifikasi halal wine tersebut.

"Pasti, para ahli, klarifikasi beberapa ahli juga kita lakukan baik itu ahli ITE maupun ahli agama MUI juga akan kita lakukan klarifikasi," imbuhnya.

Sebagai informasi, laporan terhadap BY, pemilik red wine merek Nabidz yang diviralkan sebagai wine halal teregister dengan nomor LP/B/4975/VIII/2023/SPKT/POLDA METRO JAYA tanggal 23 Agustus 2023.

Laporan itu terkait dugaan tindak pidana kejahatan Informasi dan Transaksi Elektronik UU No 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU No 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik sebagaimana dimaksud dalam Pasal 28 (1) dan/atau Pasal 45A ayat (1) dan/atau Pasal 8 ayat 1 jo Pasal 62 ayat 1 UU No 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan/atau Pasal 56 jo Pasal 25 huruf B UU No 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal.

Kuasa hukum pelapor, Sumadi Atmaja, mengatakan kliennya sudah pernah menanyakan kehalalan produk red wine Nabidz tersebut. Dia menyebutkan BY meyakinkan kliennya jika produk tersebut halal.

"Terus juga pelapor juga sudah berkomunikasi sempat menanyakan 'Bro, ini gimana? Wine-nya halal nggak?'. Dia sempat berkali-kali meyakinkan klien kami bilang 'tenang, Bro, halal, aman,'" kata dia di Polda Metro Jaya Jakarta, Rabu (23/8). (detikcom/d)


Sumber
: Koran SIB
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Terlibat Peredaran Narkoba di Labura, 2 Orang Ditangkap
Perampok Pengemudi Kempes Ban di Labura Ditangkap
Jenderal Polisi Ini Viral, Ungkap Ada Sosok Pelindung Para Pelaku Pembunuhan Vina Cirebon
Seorang Pria Diduga Anggota JI Serang Kantor Polisi Malaysia, 2 Petugas Tewas
Petugas Damkar yang Terlindas Mobil Pemadam Kebakaran Dirawat di ICU, Sopir Truk Diamankan Polisi
Polisi Sergap Transaksi Narkoba di Kualuh Selatan, Seorang Tertangkap
komentar
beritaTerbaru